Minggu, 10 Februari 2013

4 Kebiasaan Buruk yg Merusak Otak

Share



Banyak kebiasan buruk yg menyebabkan rusaknya otak, dari hal yg sepele sampai yg sepele dan sepele. 
Mungkin banyak yg lo baru tau (termasuk gua hehehe) melakukan hal sepele dibawah ini bisa merusak otak lo.

Berikut 10 Kebiasaan buruk yang dapat merusak otak :
  1. Tidak mau sarapan dipagi hari (yaiyalah sarapan pasti pagi hari). Banyak orang yg menyepelekan sarapan. Padahal ga mengkonsumsi apapun di pagi hari bisa menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Ini berakibat pada kurangnya masukan Nutrisi pada otak yg akhirnya berakhir kepada kemunduran otak.
  2. Kebanyakan makan. Kebanyakan makan mengeraskan pembuluh otak yg biasanya menuntun orang pada menurunnya kekuatan mental. So.. makanlah dengan porsi yg normal, jangan rakus, biasain berhenti makan sebelum kekenyangan
  3. Merokok!! nah setau gua merokok itu menyebabkan bla bla bla bla tetapi ada 1 lagi efek buruk rokok yg terungkap. Merokok rupanya berakibat sangat mengerikan pada otak! Bayangin aje, otak manusia lama kelamaan bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya karena rajin menghisap benda berasap itu. Tak ayal di waktu tua bahkan pada saat masih muda sekalipun, kita rawan alzheimer (alzheimer adalah penyakit pikun).
  4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula. Terlalu banyak makan gula bisa menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu. Karena itu, kurangi konsumsi makanan manis favorit lo.
  5. Polusi Udara. Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Kelamaan berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.
  6. Kurang tidur. Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Tapi jangan juga kebanyakan tidur karena bisa membuat lo menjadi pemalas yang lamban. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.
  7. Menutup kepala pas tidur. Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.
  8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit. Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sudah tahu sedang tidak sehat, sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak lo.
  9. Kurangnya Stimulasi Otak. Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal..Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble, dll) membuat otak lo terbiasa berpikir aktif dan kreatif jangan cuma maen Game Online mele.
  10. Jarang Bicara. Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan lo.

4 Komentar:

Pelajar Ekonomis mengatakan...

wahh ane stuju banget tuh sama stimualsi otak, semakin otak kita diasah semakin berkembang jaringan otak kita.. :D
makasih gan udah share :D

Unknown mengatakan...

Nice post gan , ane perokok gan . jadi takut :D

Anonim mengatakan...

Nah. Kalau kebanyakan tidur gimana? Apakah ada efek ke otak? WEB - Irfan www.web-irfan.com

Jiwo Riesnu mengatakan...

itu udah dijelasin diatas sob, efek negative sih ga ada, ya paling cuma males doang

Posting Komentar